Hai Klip'ers,

Kali ini, saya akan bercerita dari salah satu kegiatan Klub Buku KLIP (KBK) yang diadakan pada tanggal 30 Juli 2021 yang lalu. 

Hal menyenangkan bagi para anggota KLIP membicarakan isi dari buku yang dibaca. Mungkin hal tersebut yang menyebabkan durasi kegiatan ini menjadi tidak terasa telah memakan waktu 2 jam lebih.

Buat yang penasaran dan ingin mendengarkan tentang buku-buku yang dibahas, bisa langsung saja ke Podcast KLIP dan dengarkan 6 episode terbarunya. 

Tenang saja, podcastnya tidak sampai 2 jam kalau ditotal waktunya, dan bisa didengarkan sambil mengerjakan pekerjaan atau buat kamu yang sedang dijalan.

Yuk, simak ringkasan dari buku yang dibagikan di acara Zoom KBK berikut ini.

Zoom KBK 30 Juli 2021
Buku-buku yang dibagikan di Zoom KBK bulan Juli 2021


DIP – Having a Mary Heart in a Martha's World oleh Joanna Weaver

Kehidupan wanita zaman ini tak jauh berbeda dengan kehidupan wanita zaman Maria dan Martha yang dikisahkan di Perjamjian Baru (PB). Sebagian wanita suka sekali duduk di bawah kaki Yesus dan mendengar khotbahnya, namun keinginan itu menjadi terkikis ketika tuntutan sehari-hari dunia tidak memberi Anda kesempatan itu. 

Atau seperti Martha yang sangat ingin melayani Tuhan, namun karena terhimpit oleh kekuatiran, kepahitan dan ketidakpuasan, maka hal itu hanya sebuah angan-angan saja.

Menurut mbak DIP yang hendak disampaikan oleh Joanna Weaver dalam buku ini: Having A Mary Heart In A Martha's World sebagai gambaran tentang bagaimana manusia saat ini bisa menemukan keintiman dengan Tuhan meskipun hidup di tengah kesibukan yang tak henti.

Ernawati – Kembara Rindu oleh Habiburrahman El Shirazy

Kisah Novel dengan latar belakang daerah Lampung yang menginspirasi. Novel yang diramu apik oleh Habiburahman el Syirazi yang telah menerima banyak penghargaan  ini menceritakan tentang kisah seorang santri dengan mengambil latar Lampung, Cirebon dan Kuningan. 

Kental dengan nuansa religius kesantrian yang menawarkan cinta akan pondok pesantren, kyai dan mengaji Al quran. Cinta yang muaranya ditanamkan oleh keluarga. Cinta yang memerlukan sebuah proses perjalanan berliku sebelum kembali pada yang Pemilik-Nya. 

Mbak Erna menceritakan secara spoiler cerita dari awal hingga akhir. Buku ini merupakan buku pertama dari dwilogi, siapa tau setelah terkena spoiler jadi penasaran dan langsung baca 2 buku sekaligus.

Lendyagassi – Red Sky (Novel terjemahan Korea)

Red Sky merupakan cerita  era Dinasti Joseon yang menceritakan tentang pelukis wanita bernama Hong Chong Gi. Hong Chong Gi memiliki bakat melukis yang luar biasa sehingga membuatnya diterima di Dohwaseo, Akademi Seni Lukis Kerajaan Korea. 

Lendy chingu sebenarnya baru membaca satu bab dari empat bab di dalam buku ini, jadi kesimpulan yang didapatkan adalah dirinya mengetahui istilah pada jaman Joseon dan konflik yang menarik.

Buku ini diadaptasi menjadi drama yang akan ditayangkan bulan Agustus ini loh!

Rijo Tobing – Tiga buku karya Karen MacManus

Seperti biasa, Rijo menceritakan 3 buku sekaligus, kali ini karya pengarang yang sama bernama Karen Mc Manus yang dia baca di Gramedia Digital.

Sudut pandang dan cara bercerita buku ini menarik dan membuat Rijo yang walau tidak suka genre Young Adult tetap meneruskan membacanya, apalagi karena ceritanya ada cerita pembunuhan. 

DK – Dubi Dubi Duma oleh Esthy Wika

Esthy Wika, adalah ibu dari dua orang anak istimewa yang sangat berbeda, Ken dan Uma. Ken terlahir tuli, sebuah keterbatasan yang membuatnya kesulitan berkomunikasi dengan orang di sekitarnya tapi tak membuatnya kehilangan masa kecil yang indah dan hangat. 

Banyak tantangan yang dihadapi Esthy beserta suami dalam merawat dan membesarkan Ken. Namun, kehadiran Uma menjadi salah satu energi besar yang membantu Esthy bersiasat dengan kondisi Ken yang istimewa. Uma tumbuh menjadi anak yang mandiri, bahkan dalam beberapa situasi menjadi lebih dewasa dari usianya, karena situasi yang membentuknya demikian. 

Lewat buku inilah penulis secara rinci merekam hari-hari yang dilewatinya bersama Ken dan Uma. Tentang bagaimana khususnya Uma bertumbuh menjadi anak yang sangat bisa diandalkan dan pengertian.

Shanty - Two Kisses for Maddy: A Memoir of Loss and Love oleh Matthew Logelin

Buku Two Kisses for Maddy: A Memoir of Loss and Love ini ditulis oleh Matthew Logelin merupakan kisah nyata yang awalnya dituliskan di blog untuk menjadi kenangan untuk anaknya yang kehilangan ibunya ketika anak itu dilahirkan.

Cara Matthew Logelin menuliskan walau sedih tapi cukup manis dan menarik. Buku ini sudah diadaptasi menjadi film berjudul Fatherhood yang bisa ditonton di Netflix. Mbak Shanty justru membaca buku ini setelah menonton filmnya dulu.

Buku ini menjadi buku penutup yang dibagikan di acara Zoom bulan Juli 2021 lalu.

Penutup

Mengikuti kegiatan Zoom Klub Buku KLIP merupakan kegiatan yang sangat seru dan membuka wawasan terbaru mengenai buku-buku yang layak di baca. Banyak obrolan yang menyenangkan dengan menyelipkan topik yang sedang happening yang tidak dibahas dalam tulisan ini, sengaja biar penasaran dan untuk pertemuan Zoom selanjutnya jadi ikut bagian ^_^

Semoga di pertemuan Zoom Klub Buku KLIP berikut di tahun 2021 ini, semakin banyak peserta yang bisa bercerita tentang buku yang sudah dibaca.

Salam Literasi.

Semangat membaca!

Penulis: Rein Hudasediyani