Selamat siang KLIPers,

Sebagai peringatan terhadap Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan yang jatuh pada setiap tanggal 25 November, KLIP mengangkat tema Perempuan: Dilindungi dan Dihargai sebagai Tema Tantangan Menulis minggu lalu.

Perempuan memiliki tempatnya tersendiri. Dia tidak sama persis dengan laki-laki. Perempuan sering dianggap makhluk yang mudah untuk dikendalikan bahkan diintimidasi. Tetapi bagaimana sebenarnya konsep posisi perempuan yang ideal di mata teman-teman KLIP semua?

Meskipun tema ini bukanlah tema yang mudah, tapi ada beberapa Sahabat KLIP yang dengan berani menyuarakan isi hatinya. Semoga lewat tulisan mereka, kita semua bisa sama-sama belajar, siapakah kita para perempuan, dan bagaimanakah kita bisa merangkul posisi kita sebagai perempuan supaya tidak melawan kodrat, tetapi juga tidak lumat digilas penilaian orang yang seringkali kurang positif terhadap perempuan.

Minggu ini kita semua diajak pergi berkelana ke tanah Minang di Sumatera Barat. Mbak Elsa Mur, di dalam Tulisan Terpilih minggu ini mengajak kita untuk sama-sama belajar bagaimana salah satu adat dan tradisi Suku Minang melindungi dan menghargai kaum perempuan melalui norma dan aturan-aturannya.

Yuk sama-sama kita simak tulisan Mbak Elsa di tautan di bawah ini. Jangan lupa juga kunjungi tulisan lainnya.

Tulisan Terpilih:

Elsa Mur

Cara Adat Minangkabau Melindungi dan Menghargai Perempuan

https://www.elsamur.com/2021/11/ttm-klip-cara-adat-minangkabau.html

Tulisan Peserta Lainnya:

  1. Risna Nugroho

    Sudahkah Jadi Wanita Merdeka

    https://blog.compactbyte.com/2020/08/26/sudahkah-jadi-wanita-merdeka/

  2. Satwika Heniono

    TGIF

    https://katawika.wordpress.com/2021/11/21/tgif/

  3. Aprilia Linda Pratiwi

    Menjadi Perempuan Yang Utuh

    https://www.facebook.com/aprilia.l.pratiwi/posts/10219250720290359

  4. Rein Hudasediyani

    Benarkah Wanita Itu Lemah dan Cengeng

    https://www.instagram.com/p/CWitpK8h4dy/

  5. Evi Nurlatifah

    Rumah dan Perempuan

    https://www.facebook.com/100002754859772/posts/4081806775254444/?app=fbl

Mengutip tulisan Mbak Elsa,

“Semoga kita sebagai para ibu juga terus bisa melanjutkan pola asuh yang menekankan pentingnya perlindungan oleh anak laki-laki terhadap anak perempuan, serta yang tak kalah pentingnya pola asuh yang yang menekankan pentingnya penghormatan perempuan terhadap laki-laki sebagai imam (pemimpin) dan sebagai qowwamnya (pelindung).”

Maju terus, perempuan Indonesia!

Tim TTM: Irene Cynthia