Hari Kamis, 23 Desember 2021 yang lalu, KLIP mengadakan perayaan kelulusan angkatan 2021. Perayaan kelulusan ini merupakan kali pertama diadakan sejak KLIP berdiri. Harapannya sih, kegiatan ini akan bisa dilanjutkan untuk dilaksanakan setiap tahunnya.

Sebagian peserta kegiatan Wisuda KLIP 2021

Sebelum cerita lengkapnya, mungkin ada yang sudah tidak sabar ingin melihat rekaman kegiatan Wisuda KLIP 2021 kemarin. Yuklah silakan kunjungi video berikut ini, jangan lupa subscribe supaya mendapatkan informasi lain-lain yang baru di kanal YouTube KLIP.

Sekilas KLIP di 2021

Tahun 2021 ini memang ada banyak perubahan positif di dalam KLIP. Selain adanya website ini, tantangan latihan konsisten juga semakin ditingkatkan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Di tahun 2021 ini, anggota ketua kelas juga semakin bertambah dan program KLIP jadi semakin seru untuk diikuti. 

Untuk yang masih konsisten menulis, ada tantangan akhir berupa Skripsi alias tugas akhir dengan minimum 19.000 kata. Untuk yang gugur dan tidak bisa setoran konsisten menulis, ada banyak kegiatan lainnya yang tetap bisa diikuti untuk sarana berlatih konsisten menulis (Tema Tantangan Menulis, Klub Buku KLIP, Ruang Berbagi dan Kenal Lebih Dekat). 

Tema Wisuda KLIP 2021: Berbagi Cerita dan Karya 

Penambahan tugas Skripsi di sesi ke-3 terinspirasi dari mbak Shanty, founder KLIP. Banyak sekali anggota KLIP yang sebenarnya sudah terlibat dalam pembuatan buku antologi, akan tetapi hanya sedikit yang berhasil menerbitkan buku solo. Untuk memotivasi anggota yang sudah konsisten sejak Januari, di bulan September, mbak Shanty menantang semua anggota yang masih bertahan untuk mencoba mensimulasikan mempunyai buku solo dari kumpulan tulisan sepanjang tahun 2021.

Walaupun terkesan dadakan, untuk yang sudah terlatih menulis minimum 10 tulisan dengan jumlah kata yang terus bertambah, tentunya makin merasa tertantang untuk mencari benang merah dari tulisan yang sudah ada. Beberapa orang malah jadi semangat untuk menulis novel selama waktu yang ada. Ada juga yang kebetulan buku solo nya diterbitkan tahun 2021 dan bisa dijadikan setoran skripsi. 

Karena tulisan yang dikumpulkan menjadi skripsi ini ada yang berupa buku cetak, fiksi, non fiksi, buku elektronik, kumpulan cerita anak, maka Berbagi Cerita dan Karya menjadi tema dari kegiatan Wisuda KLIP 2021 ini.

Kata Sambutan 

Acara Wisuda dibuka dengan kata sambutan dan selamat untuk para wisudawati oleh Ketua Kelas KLIP,  mbak Ernawati dan juga Ketua Kampung Komunitas Ibu Profesional, Uni Yesi Dwi Fitria. Tentu saja sambutan ini juga apresiasi untuk Tim Ketua Kelas yang seluruhnya dilibatkan menjadi tim panitia Wisuda KLIP 2021.

Sedikit catatan dari balik layar, kerjasama dari tim ketua kelas diuji oleh padamnya listrik di rumah mbak Wika yang ditunjuk menjadi host dadakan sekaligus sudah persiapan menjadi operator. Untungnya DIP yang dikenal dengan mbak Irene (yang biasa mengejar-ngejar kita setoran TTM) juga sigap ketika saya minta meneruskan tugas mulia menjadi host sekaligus menemani Uni Elsa untuk memandu Games. Alfi sang editor podcast KBK juga dengan sigap ikut membantu menjadi operator untuk membagikan video yang dipersiapkan.

Mungkin catatan ini seharusnya bukan di bagian kata sambutan, tapi teringat dengan kata-kata dari Uni Yesi yang mengapresiasi tim ketua kelas KLIP, saya jadi ikutan deh merasa terharu dengan kerjasama tim yang saling membantu di saat dibutuhkan.

wisuda klip 2021
Tim Ketua Kelas bersiap untuk kegiatan Wisuda KLIP 2021

Tim Ketua Kelas di akhir kegiatan Wisuda KLIP 2021

Inilah sebagian hasil tangkapan layar dari tim Ketua Kelas KLIP yang dengan setia mengikuti kegiatan wisuda ini dari awal sampai akhir (kalaupun ada yang berhalangan hadir atau sudah off duluan, tentunya karena memang mereka ada hal lain yang tidak bisa ditinggalkan).

Beberapa ketua kelas yang tidak hadir seperti Lendyagassi, sudah terlibat mulai dari pengumpulan tukar kado dari game berhadiah, dan sosialisasi kegiatan wisuda ini. Sayangnya, di hari wisuda, Lendy chingu harus mengambil rapor. Untuk mbak Rein yang biasa membagikan kutipan buku, juga tidak bisa hadir di acara wisuda, tapi sebelum wisuda berjalan sudah membuatkan desain background Zoom. yang membuat kegiatan wisuda  KLIP terlihat lebih indah.

Intinya sih, wisuda KLIP 2021 ini terselenggara berkat kerjasama dari semua tim ketua kelas KLIP 2021. Tepuk tangan dong buat tim ketua kelas KLIP 2021, hehehe.

Parade Skripsi KLIP 2021

Di awal saya ditunjuk menjadi panitia pelaksana kegiatan ini, sesungguhnya saya tidak tahu apa sih yang bisa dibagikan dalam kegiatan wisuda online? Rasanya sudah terlalu lama waktu berlalu sejak saya mengikuti kegiatan wisuda. Dengan berbagai ide dari kanan dan kiri, akhirnya tercetuslah beberapa ide kegiatan yang membuat acara cukup berkesan. Salah satunya tentu saja pameran parade skripsi KLIP 2021.

Ada banyak yang awalnya merasa tidak akan mampu menyelesaikan tugas skripsi dengan tuntutan 19.000 kata, tapi ternyata dengan kekuatan semangat dari teman-teman di grup WA, saya termasuk yang berhasil menyelesaikan kumpulan tulisan di tahun 2021. 

Dan pada saat tenggat waktu yang ditentukan yaitu tanggal 15 Desember 2021, hasilnya cukup menggembirakan. Dari 564 peserta yang mendaftar di awal tahun 2021, ada 53 peserta yang berhasil menyelesaikan semua tantangan konsisten, termasuk menuliskan skripsi. Rasa bahagianya serasa berhasil menerbitkan buku solo, hehehe.

Beberapa teman yang walau tidak berhasil mendapatkan sertifikat lulus karena lupa setoran,  ada juga yang ikut mengerjakan kumpulan tulisan di tahun 2021. Sepertinya di tahun 2022 nanti, ada kemungkinan mereka akan benar-benar menerbitkan buku solo.

Kata Mereka Tentang KLIP 2021

Setelah selesai mengumpulkan semua tugas, saya jadi terpikir untuk mengumpulkan video singkat yang berisi kesan dari peserta yang mengikuti KLIP 2021. Video yang terkumpul sebagian besar dari peserta yang berhasil menyelesaikan tantangan sampai akhir, dan sebagian lagi dari peserta yang sudah pernah mengikuti KLIP sejak tahun sebelumnya, tapi di tahun 2021 belum berhasil lulus karena kesibukan pribadi.

Salah satu hal yang perlu dilatih di KLIP memang konsistensi menyetorkan tulisan juga. Ada banyak juga teman-teman yang ingat menulis setiap hari, tapi sering lupa untuk menyetorkan tulisan untuk tercatat ke sistem KLIP. Saya yakin, semua yang ada dalam video tersebut akan ikut KLIP 2022 lagi.

Fakta kelulusan KLIP 2021

Berikut ini fakta tentang kelulusan KLIP 2021 yang juga menarik untuk disimak. Data ini dirangkum oleh mbak Shanty.

Dari 564 pendaftar di Januari 2021, Alhamdulillah ada 53 orang yang diwisuda di tahun ke-3 KLIP. Bukan hanya setoran harian, tapi juga berhasil buat SKRIPSI berupa kumpulan tulisan berupa buku/ebook solo minimal 19 ribu kata yang kece-kece abis. 

Dan tercatat 26 orang yang bisa konsisten dapat badge selama 12 bulan penuh. Ini peningkatan dari KLIP 2020 yang hanya menerima 452 orang dengan jumlah lulusan 62 orang tanpa SKRIPSI. Tapi hanya 18 orang yang benar-benar bisa konsisten dapat badge selama 12 bulan penuh.

Tahun pertama KLIP 2019, ada 115 pendaftar dengan 26 orang yang lulus di akhir tahun. Dengan hanya 5 orang yang konsisten dapat badge selama 12 bulan penuh.

Dan tahun ini, 28 orang dari 53 peserta yang lulus KLIP 2021 masuk sebagai 19 terbaik dalam 3 kategori. 

Kategori Total Jumlah Kata Terbanyak, Rata-rata Jumlah Kata/Setoran Terbanyak, dan Jumlah Setoran Terbanyak.

11 nama peraih 3 kategori

    1. Risna
    2. Halida
    3. Lendy
    4. Dian K
    5. Sri Prihatiningsih
    6. Rijo
    7. Lilik
    8. Jihan
    9. Shanty
    10. Hamim
    11. Saenastiti

7 nama peraih 2 kategori

    1. Cynthia
    2. Irene
    3. Herlina
    4. Imawati
    5. Siska
    6. Nurhilmiyah
    7. Lili R

10 nama peraih 1 kategori

    1. Erna
    2. Lizna
    3. Enny
    4. Alfi
    5. Susilowati
    6. Tami 
    7. Rella
    8. Zeneth
    9. Dawiah
    10. Reisha

Selamat untuk semua yang namanya disebutkan di atas. Kalau nama kamu belum tersebut, yuk semangat untuk berlatih konsisten di 2022. Oh ya, semua data statistik ini tentunya berkat olah data dari Reisha yang sejak bergabung jadi ketua kelas KLIP, membuat rapor selalu terbit tepat waktu dan sertifikat kelulusan juga semakin keren, termasuk di tahun 2021 ini. Untuk kamu lulusan KLIP 2021 yang merasa belum mendapat sertifikat kelulusan KLIP 2021, silakan ambil sendiri di tempat yang disediakan ya.

Acara Permainan Siapa Cepat Dia Dapat

Salah satu yang membuat para peserta wisuda betah bertahan mengikuti kegiatan yang berlangsung hampir 3 jam ini tentu saja pemainan berhadiah. Hadiahnya juga dari sesama peserta juga. Jadi ini seperti tukar hadiah, tapi sambil seru-seruan main game.

Pertanyaan yang diajukan tentu saja seputar fakta yang ada di Facebook Grup KLIP dan websitenya. Semua (kecuali ketua kelas) rasanya mendapatkan hadiah dari teman-teman yang sudah berbaik hati bersedia berbagi hadiah. Tentu saja kami mengucapkan terima kasih untuk kebaikan hati para penyumbang hadiah, dan para peserta permainan yang membuat saya merasa seolah-olah sedang berkumpul ramai-ramai bukan hanya lewat layar kaca saja.

Sejumlah 20 pertanyaan siapa cepat dia dapat disusun oleh Elsa dan Alfi. Selain didapatkan 20 pemenang, masih ada 10 hadiah kejutan. Untuk kamu yang merasa mendapatkan hadiah, bisa hubungi ketua kelas Lendy ya.

Grand Design KLIP 2022

Salah satu yang ditunggu-tunggu oleh peserta Wisuda KLIP 2021 adalah penjelasan seperti apakah kegiatan KLIP di tahun 2022 nantinya? Untuk kamu yang penasaran, bisa menonton video berikut ini. Mbak Erna juga membantu menjelaskan beberapa hal yang ditanyakan para peserta.

Jangan sampai ketinggalan, pendaftaran KLIP 2022 dibuka dari tanggal 29 Desember 2021 - 19 Januari 2022. Langsung saja ikuti semua media sosial KLIP, supaya tidak ketinggalan informasinya.

Penutup: Fakta Penting Tentang KLIP

Bagian ini fakta yang dibagikan Mbak Shanty di WAG untuk menjawab pertanyaan dari beberapa orang tentang: Kenapa KLIP suka pakai angka keramat 19? Saya sertakan di tulisan ini, supaya kita ingat-ingat siapa tahu jadi pertanyaan kuis di acara KLIP berikutnya, hehehe.

  • Skripsi minimal 19.000 kata 
  • 19 peserta terbaik

Bukan karena Ketua Kelas KLIP - Erna lahir tanggal 19 Juni 1988 ya. Bukan juga karena Inisiator KLIP - Shanty lahir tanggal 1 bulan 9 tahun 1975 ya.

Bukan saudara-saudara!

Tapi karena Program KLIP selama 1 tahun resmi diumumkan pada tanggal 19 - 1 - 2019.

Ide program KLIP 1 tahun sebenarnya ide yang sangat mendadak. 

Di 1 Januari 2019 sebenarnya KLIP dibuka dengan rencana program untuk 99 hari saja. 3 Sesi selama 1 tahun, seperti tahun-tahun sebelumnya. Namanya pun masih #ODOPfor99days.

Baru setelah pendaftaran dibuka di 1 Januari 2019, muncul usulan Yesi Dwi Fitria dan obrolan di Grup Dapur Komunitas Ibu Profesional untuk membuat program panjang yang lebih berdampak. 

Hanya dalam beberapa hari, diputuskan untuk membuat program 1 tahun dengan nama baru Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP). 

Dan kami memilih mengumumkannya pada 19-1-19.

Siap untuk mengikuti KLIP 2022?

Demikian cerita dari kegiatan Wisuda KLIP 2021, yuk siap-siap mengikuti kegiatan KLIP 2022. Langsung saja bergabung ke Facebook Grup KLIP, ikuti informasinya di Instagram KLIP, dan tentu saja di situs KLIP ini.