Hai, KLIPers …


Tiga Tahun Bersama KLIP


Tanggal 19 Januari 2022, KLIP genap berusia tiga tahun. Tepat pada hari itu, KLIP juga mengadakan acara perayaan sederhana melalui Zoom sekaligus untuk menyambut kedatangan teman-teman di KLIP 2022.

Bagi teman-teman yang ingin menonton rekaman acara Ulang Tahun KLIP yang ketiga, dapat langsung menuju video berikut ini


Tim Ketua Kelas 2022

Acara yang berlangsung sejak pukul 14.00 ini, dibuka dengan perkenalan Tim Ketua Kelas 2022. Siapa saja mereka?


Ketua Kelas: Mbak Erna
Wakil Ketua Kelas Eksternal: Teh Shanty
Wakil Ketua Kelas Internal: Mbak Tami
Sekretaris: Firda


PJ Rapor: Mbak Reisha
Tim Rapor: Kak DIP
Tim Medsos: Uni Elsa
Tim Klub Buku KLIP: Mbak Rein
PJ Podcast: Mbak Alfi
PJ Ruang Berbagi: Kak Risna
PJ Tema Tantangan Menulis: Mbak Rella
PJ Kenal Lebih Dekat: Kak Wika
PJ Web KLIP: Kak Lendy
Manajer R&D: Mbak Mia


Semoga dengan lengkapnya Tim Ketua Kelas, perjalanan KLIP 2022 ini semakin lancar dan dapat memberi manfaat semakin luas lagi.


 

Perjalanan 3 Tahun KLIP

Teh Shanty sebagai salah satu inisiator KLIP dan juga Wakil Ketua Eksternal, menyampaikan sedikit tentang perjalanan sejak KLIP dari awal berdiri. KLIP lahir pada tanggal 19 Januari 2019, itulah kenapa angka 19 menjadi angka favorit bagi KLIP. Hehe

Sebelum KLIP lahir, sebenarnya sudah ada cikal bakal yang terselenggara sejak tahun 2016. Menurut Teh Shanty, selama menuju tahun 2019, KLIP itu diibaratkan masih berada di dalam kandungan. Wow!


Latar belakang terbentuknya KLIP, sesungguhnya karena berpikir bahwa konsistensi itu baru bisa terukur, jika dilakukan selama setahun. Maka lahirlah KLIP untuk melihat seberapa banyak peserta yang bisa bertahan hingga akhir tahun.


Teh Shanty memaparkan data-data peserta KLIP dari tahun ke tahun. Ternyata yang berhasil lulus mengalami peningkatan. Yiey!

Selain itu, Teh Shanty juga memberi semangat kepada teman-teman yang belum berhasil lulus di tahun-tahun sebelumnya untuk lebih berusaha lagi. Bagi yang sudah berhasil, diharapkan dapat meningkatkan pencapaiannya di tahun ini.

Di KLIP, kita tidak bersaing dengan orang lain, tetapi dengan diri kita sendiri. Apakah kita bisa lebih baik dari sebelumnya?


Melalui data statistik, Teh Shanty menunjukkan bahwa peserta KLIP dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Baik dari jumlah peserta yang mendaftar, maupun peserta yang berhasil lulus hingga akhir tahun.

Perubahan juga terjadi pada pengurus. Yang awalnya hanya bertiga, kemudian semakin bertambah. Dengan penambahan jumlah pengurus, kegiatan KLIP juga semakin banyak.


KLIP 2022

Sebelum melanjutkan pada penjelasan Mbak Erna, mari kita sampaikan terima kasih pada ketua panitia, Kak Risna yang sudah mensukseskan acara ulang tahun KLIP yang ketiga. Terima kasih, Kak Risna ❤.

Meminjam istilah Kak Wika, jika Teh Shanty bercerita tentang masa lalu, maka Mbak Erna tentang masa depan. Eciee


Mbak Erna menjelaskan bahwa KLIP ini terbentuk karena adanya kebutuhan bagi para perempuan untuk dapat konsisten menulis. Dalam perjalanannya, KLIP juga membantu meningkatkan kualitas menulis pesertanya.

Karena setoran merupakan jantung dari KLIP, maka teman-teman harus mengetahui aturan umum KLIP 2022. Kan sayang sekali jika kita sudah konsisten menulis, tetapi lupa menyetorkan. Atau malah sudah setor, ternyata tidak memenuhi persyaratan.

Jadi, perhatikan benar ya aturan umum terkait setoran ini.


Beberapa hal yang harus diingat: 

  1. Buat tulisan minimal 300 kata. Akan bertambah jumlahnya di setiap sesi.
  2. Tema bebas 
  3. Platform bebas
    Ada beberapa pilihan yang tersedia di form setoran. KLIPers tinggal memilih saja. Boleh blog pribadi, web 2.0/UGC, media sosial, aplikasi, google dokumen, bahkan boleh berupa tulisan tangan.
  4. Kirim link ke form setoran di klip.web.id 
  5. Satu hari hanya satu setoran saja


Sistem pembelajaran di KLIP menggunakan gamifikasi atau seperti bermain. Tujuannya adalah agar para peserta merasa senang dalam melakukan perjalanan menulis sepanjang tahun.


Bagaimana perjalanan menulis di KLIP 2022


Fase awal dari KLIP 2022 adalah gerbang kelas. Di mana para peserta mendaftarkan diri pada form yang disediakan hingga tanggal 19 Januari 2022.



Fase kedua adalah kelas persiapan. Insyaallah akan diadakan pada bulan Februari-Maret. Tujuan dari kelas persiapan ini adalah untuk menciptakan keseimbangan antara keluarga dan karya.
 

Pada kelas persiapan, kita akan belajar dari founder Ibu Profesional yaitu Ibu Septi Peni Wulandani.
Selain itu, kita juga akan belajar dari Teh Shanty tentang free writing, dan dari Kak Wika tentang PUEBI.
Gimana? Semakin penasaran, kan?



Fase ketiga - kelas karya dan fase keempat - kelas bahagia, akan dibahas lebih lanjut pada saatnya. Hihi … biar semakin penasaran, kan?


Harapannya, dengan adanya tahapan kelas di KLIP 2022, peserta lebih siap dalam menjalani kegiatan menulis selama setahun, dan jumlah peserta yang lulus dapat lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Hal baru lainnya yang dilaksanakan di tahun ini, yaitu adanya challenge di setiap sesi. Jangan sampai terlewatkan, ya, karena mengerjakan challenge masuk sebagai salah satu syarat agar KLIPers dapat lulus tahun ini.

Sebelum melanjutkan pada pemaparan singkat program KLIP 2022, rasanya ada yang kurang jika belum berfoto bersama. Inilah wajah bahagia para tamu di acara ulang tahun KLIP.


Sesi Foto bersama 3 tahun KLIP

Sesi Foto bersama 3 tahun KLIP

Sesi Foto bersama 3 tahun KLIP

Program KLIP 2022


Selanjutnya, para PJ program menjelaskan secara singkat terkait kegiatannya. Mau tahu program-program apa saja yang diselenggarakan KLIP selama tahun 2022?

Berikut ringkasannya:


1. Ruang Berbagi

Program yang dipegang oleh Kak Risna ini merupakan tempat untuk berbagi ilmu, khususnya di bidang literasi. KLIP akan memberikan ruang seluas-luasnya kepada teman-teman, untuk membagikan ilmunya.

Ruang berbagi akan diadakan sebulan sekali, pada minggu ke dua atau ketiga. Kegiatan ini dapat diselenggarakan bagi peserta KLIP saja, ataupun untuk masyarakat umum. Media yang bisa dipilih antara lain, Zoom, live stream, atau telegrup.

Bagi yang ingin berbagi ilmu yang dimiliki, apapun itu, kami akan sangat berterima kasih sekali. KLIPers bisa langsung klik link bit.ly/RBKLIP2022 untuk melengkapi data dan materi apa yang akan dibagikan.

Mari kita bersenang-senang bersama di Ruang Berbagi dengan semakin banyak menebarkan manfaat.


2. Klub Buku KLIP (KBK)

Dalam program ini, KLIPers dapat berbagi cerita tentang buku yang sudah dibaca, melalui Zoom setiap Selasa minggu keempat. Selain itu, Mbak Rein (PJ KBK) juga menjelaskan, ada reading challenge dan reading habit tracker yang bisa semakin memicu semangat untuk membaca.


3. Podcast KLIP

Bagi teman-teman yang tidak bisa menghadiri Zoom KBK, dapat mengirimkan ulasan buku yang sudah dibaca melalui rekaman suara. KLIPers dapat menghubungi Mbak Alfi untuk pengumpulannya.
Selain berisi tentang ulasan buku dari KLIPers, ada juga potongan keseruan dari Zoom KBK yang bisa kita dengarkan di sini.


Podcast ini, akan tayang setiap Sabtu pekan ketiga di
https://open.spotify.com/show/4hiohsxwkyJaxaY5BDb8qJ



4. Tema Tantangan Menulis (TTM)

Program ini dapat membantu KLIPers yang kehabisan ide menulis. Mbak Rella menjelaskan bahwa TTM ini akan ada setiap pekan dengan tema yang berbeda. Tema baru akan diberikan setiap Senin, dan pemenang akan diumumkan pada hari Kamis.



5. Kenal Lebih Dekat (KLD)

Program KLD ini, dilaksanakan setiap hari Jumat di Facebook Group, dengan tujuan untuk mengenal, saling menginspirasi, dan saling memotivasi. Bagi KLIPers yang ingin menjadi narasumber dalam KLD, dapat menghubungi Kakak Wika.



Penutup

Acara yang berlangsung hampir satu setengah jam ini, sangat seru karena dipandu oleh dua host kece, Kak Wika dan Kak DIP.

Perayaan 3 tahun KLIP Kelas Literasi Ibu Profesional

Tepat pukul 23.59 WIB di tanggal 19 Januari 2022, pendaftaran KLIPers tahun 2022 resmi ditutup. Ada 456 peserta yang akan berjuang untuk konsisten menulis sepanjang tahun ini.

Selamat menulis bersama KLIP.
Salam literasi.

 

 

 

Penulis : Firda Rosiana
Penyunting : Lendyagassi