mu.sim

  1. n waktu tertentu yang bertalian dengan keadaan iklim: di Indonesia terdapat dua --, yaitu -- hujan dan -- kemarau
  2. n bilangan waktu tertentu (tiga bulan, empat bulan, dan sebagainya ketika pohon buah-buahan, palawija, dan sebagainya banyak menghasilkan): hasil -- panen tahun ini memuaskan-- durian tahun lalu cukup baik
  3. n masa; waktu (ketika ada suatu peristiwa): anak perempuannya hilang ketika -- gerombolan pengacau masuk desa-- cacar
  4. n waktu atau masa ketika sesuatu (kegiatan, permainan, dan sebagainya) banyak terjadi atau sering berlangsung: -- layang-layang
Musim berkaitan erat dengan waktu dan peristiwa. Hal inilah yang memantik ide untuk Tema Tantangan Menulis yang kedua di bulan Mei. 

Tentu tidak mudah menulis tentang musim, terlebih mindset kita selalu mengaitkannya dengan cuaca atau iklim. Padahal, musim bisa meliputi waktunya panen tetumbuhan atau bahan pangan, bahkan fase reproduksi makhluk hidup pun punya musimnya sendiri. 

Musim pun bisa diartikan sebagai tren, yang mana terasosiasi pada barang fesyen atau sebuah gaya hidup tertentu yang dilakukan orang-orang secara jamak. 

Inilah keunikan TTM yang menuntut kreativitas penulis untuk mengembangkan idenya ke dalam sebuah tulisan. Semoga bisa tetap membantu KLIPers dan Sahabat KLIP dalam proses bertumbuh dengan konsistensi menulis.   

Ada 6 tulisan yang masuk kurasi dalam tema 'musim', dimana ini adalah rekor partisipan minimum selama penayangan TTM KLIP tahun ini. Apresiasi untuk teman-teman partisipan yang tetap semangat menulis dan taat pada tenggat waktu yang ditentukan.    

Tulisan Terpilih Mingguan 


Tulisan tentang 'musim' yang terpilih kali ini adalah milik Agie Botianovi yang berjudul 

Musimnya Perempuan

Tulisan Peserta Lainnya 

Tepuk tangan untuk teman-teman yang berhasil menyetorkan TTM tepat waktu. Lima KLIPers teladan ini telah berhasil menaklukkan tema yang tidak mudah. 

1. Rohmah Rahmawati

Seasons in My Life


2. Alfi Ajie-Rizal 

Musim Polen


3. Amie Firshanti

Trik Menghadapi Musim Liburan


4. Anisa Sustianing

Bersemi di Musim Hujan

5. Roshinta Dewi Ariyani 

Halu Suasana Pergantian Musim

Selamat buat teman-teman dan mari taklukan TTM berikutnya! 

Salam Hangat, 
Tim Ketua Kelas