Halo KLIPers dan Sobat KLIP 2023 semua,

Bagaimana di akhir bulan Februari ini? Sudah cukup setoran hariannya? Masih mengejar badge lebih tinggi? Mengejar untuk masuk Telegrup KLIP Top 99? Atau untuk bertahan?

Sudah berpartisipasi dalam Tantangan KBK? Belum kenal? Kok bisa?

Yuk, sekalian kenalan lebih dekat dengan program yang disajikan Tim KBK!

Klub Buku KLIP

Seperti yang terlihat dari namanya, KBK mengajak KLIPers dan Sobat KLIP untuk lebih banyak membaca. Karena dengan membaca, kita bisa memperkaya tulisan kita kan!?

KBK adalah tim yang terbesar dalam kepengurusan KLIP 2023 ini. Beranggotakan empat orang: Rein, Isti, Amie, dan Alfi. KBK adalah satu-satunya tim yang memiliki Telegrup terpisah. KBK tak hanya mewadahi KLIPers, tetapi juga Sobat KLIP yang berhalangan mendaftar sebagai peserta tahun ini.

1. Rabu Buku

Seperti tim lain di KLIP, KBK juga mendapatkan jadwal piket. Piket KBK adalah tiap hari Rabu. Ini adalah saatnya Tim KBK memposting informasi di berbagai media sosial KLIP. Di Rabu Buku, Tim KBK mengunggah kutipan yang berkaitan dengan literasi. 

Tiap Rabu, Tim KBK juga mengajak diskusi. Tentang buku, tentunya! Diskusi diadakan di Telegrup KBK. KLIPers dan sobat KLIP bisa membagikan ulasan bukunya, fiksi maupun non fiksi, di Telegrup KBK ini. Meski tidak ada batasan jika ada yang ingin mendiskusikan buku di hari lain juga.

2. Pertemuan KBK 

Kegiatan ini terbuka untuk semua sahabat KLIP. Tak harus peserta KLIP 2023. Pertemuan santai ngobrolin buku. Yang mau datang bagi buku ayo, yang mau menanggapi ayo, yang mau nyimak saja juga ayo. Curcol tipis-tipis juga boleh. 

Pertemuan ini diadakan menggunakan video chat di Telegrup KBK tiap Selasa ke-4. Standarnya pukul 14.00-17.00 WIB. Tak ada kewajiban bagi peserta untuk mengikuti selama tiga jam penuh kok. Bebas untuk datang dan pergi. Asal tertib, tentunya ya. Jika ingin berbagi buku tetapi terbatas jadwalnya, silakan kontak Tim KBK untuk memesan slot waktu.

Pertemuan terdekat akan diadakan Selasa depan ini, 28 Februari 2023. Jangan lupa catat di agenda!

3. Podcast KBK

Podcast KBK disusun dari rekaman Pertemuan KBK. Tujuan utamanya adalah mengarsipkan pembahasan buku dari pertemuan KBK. Sayang, kalau ulasan-ulasan asyik itu jadi terbuang. Tentu saja di sini curcol-curcolnya dihapus. Tenang saja! 

Dari tiga jam pertemuan, ada 4-6 siniar yang bisa ditayangkan per bulannya. Podcast KBK bisa disimak di berbagai platform.

Selain dari rekaman Pertemuan KBK, Tim Podcast juga menerima rekaman ulasan dari sobat KLIP untuk ditayangkan sebagai Podcast KBK. Kontak kami kalau ingin berpartisipasi!

4. Tantangan KBK  

Untuk yang sudah pernah mengikuti KLIP sebelumnya, ini adalah versi baru dari Reading Challenge. Tahun ini secara eksplisit dikhususkan bagi mereka yang sudah mendaftar KLIP, yang direpresentasikan dengan pembuatan list setoran. Meskipun sebelumnya biasanya yang ikut adalah peserta KLIP juga, bedanya kali ini kita tidak perlu ketik manual nama dan kota asal lagi. Lebih praktis kan!?

Jadi teman-teman yang sudah mendaftar KLIP 2023, otomatis jadi peserta Tantangan KBK 2023. Namun tak wajib mengikutinya juga! 

Cuma, sayang sekali kalau dilewatkan. Karena sebenarnya mudah; kewajiban setoran hanya satu ulasan per sesinya untuk bisa lanjut ke sesi berikutnya. Hanya satu setoran per empat bulan!

Setoran Ulasan

Pasti ada dong, buku yang diselesaikan selama empat bulan itu? Entah itu novel, kumpulan cerpen, biografi, pengembangan diri, komik, webtun, laporan ilmiah, … Syaratnya hanyalah bahwa buku yang diulas merupakan karya yang sudah melalui tahapan kurasi. Jadi bukan cerbung di blog atau di aplikasi baca ya. Kecuali kalau memang sudah ada versi cetaknya juga.

Tahun ini, ulasan buku tidak harus dalam bentuk tulisan. Setoran boleh dalam bentuk suara atau video. Tak ada batasan minimal kata dan durasi. Yang penting, ada unsur minimal dalam ulasan:

- Identitas buku

Judul dan nama penulis harus ada. Tak harus dalam isi ulasan, tetapi bisa juga dengan menampilkan gambar yang jelas. Identitas ini penting untuk memudahkan pembaca ulasan dalam mencari buku jika tertarik. Informasi bisa dilengkapi dengan nama penerbit, jumlah halaman, tahun terbit, … ilustrator, penerjemah, editor, ….

- Deskripsi isi

Tentang apa bukunya? Ceritakan. Dengan bahasa sendiri. Bukan hanya copy-paste sinopsis di sampul belakang ya! Tak perlu panjang kok. Intinya saja. Yang penting bisa memberi gambaran, apa isi bukunya.

- Opini pribadi

Opini adalah elemen terpenting dari sebuah ulasan. Ceritakan kesan teman-teman sesudah membaca bukunya. Suka? Tidak suka? Mengapa? Apa kelebihan buku itu? Apa kekurangannya? Mengapa perlu membaca buku itu? Kadang kala; mengapa lebih baik menghindarinya?

Tak perlu menuliskan teori-teori sastra, bahasa, atau kepenulisan. Kalau memang punya ilmunya, silakan. Namun jangan sampai aspek ini menghalangi teman-teman untuk menulis ulasan. Sekali lagi, ULASAN. Bukan kritik, ya!

Kesempatan Koleksi Badge! 

Dalam Tantangan KBK kita boleh merapel setoran. Tak hanya satu per hari seperti setoran harian. Pastikan bahwa setoran memiliki akses publik, dan ulasan dibuat di sesi yang sedang berjalan

Meski form pendaftaran sama, form setoran harian dan setoran tantangan KBK terpisah. Gugur atau lanjutnya peserta di salah satu setoran ini tidak saling memengaruhi.  

Tantangan KBK ini membuka kesempatan bagi teman-teman yang suka membuat ulasan buku dan ingin konsisten melakukannya, yang suka menulis khusus ulasan buku tetapi tak mungkin menulis sepuluh ulasan per bulannya, atau yang suka mengulas buku tetapi tak hanya dalam bentuk tulisan. Kesempatan untuk menambah koleksi badge tiga kali dalam setahun! 

Sesi 1 masih terbuka hingga April. Jangan sampai ketinggalan! Ketentuan lengkapnya, bisa dibaca di laman Formulir Tantangan KBK.

Penutup

Nah, bagaimana? Banyak pilihan kegiatan di Klub Buku KLIP kan!? Selain Tantangan KBK yang terbatas hanya untuk KLIPers saja, kegiatan-kegiatan KBK yang lain terbuka bagi Sobat KLIP yang berhalangan mendaftar tahun ini.

Yuk, berpartisipasi untuk meningkatkan semangat membaca kita!

Jangan lupa, simak berbagai siniar yang sudah tersedia di Podcast KBK!

Penulis: Alfi
Penyunting: Amie
Ilustrasi: Rein & Isti