Membuat blog, bisa saja untuk menyalurkan bakat menulis, mengembangkan hobi, menjadikannya rekam jejak, atau sekedar mengisi waktu luang. Namun dibalik apapun alasannya, ada peluang menjadikan blog bukan hanya untuk menulis artikel saja, tapi juga bisa menghasilkan cuan dan menjadi profesi lho. Masak iya sih? Iya dong, makanya pada kenal lebih dekat dengan Reyne Raea, dari hobi menulis jadi blogging for money itu seperti apa sih perjalanannya. 

KLIP merasa senang mendapat kesempatan bisa berkenalan lebih jauh dengan blogger yang berdomisili di Surabaya ini, karena selain piawai mengelola beberapa blog, selama menjadi KLIPers setorannya selalu terbanyak sepanjang Januari hingga sekarang. Nah langsung saja ya kita kulik lebih jauh profil sahabat KLIP yang satu ini. 

Kenal Lebih Dekat dengan Reyne Raea


Mengelola empat blog dan konsisten, tentu bukan hal mudah pastinya, tapi dengan sikap profesional bisa lho. Padahal masih mengurus rumah dengan seabrek rutinitasnya dan membersamai anak-anak dengan segala keunikannya. Selain itu, hari-harinya dilalui dengan Long Distance Marriage (LDM) dengan sang suami. Pantas menang, ibu yang satu ini menyematkan nama Blogger Surabaya di aplikasi pesan berwarna hijau, dibalik nama aslinya. Teman-teman Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) ada yang sudah tahu siapakah dia kan ya. 

Reyne Raea, biasa dipanggil Rey - Mbak Rey - atau Rey Blogger ini terlahir di kota Minahasa Sulawesi Utara. Namun, masa Sekolah Dasar hingga Sekolah Teknik Menengah (STM), (calon perempuan tangguh memang) diselesaikannya di Buton Sulawesi Tenggara. Buton? Pasti yang terbayang di benak teman-teman daerah penghasil aspal, nggak salah memang, korban Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap (RPUL) kayaknya nih! Ketahuan dah. Eh tapi pantai-pantainya keren lho…! Kapan-kapan jalan ke sana yuk! 

Usai belajar pada sebuah perguruan tinggi swasta di kota Surabaya mengambil jurusan teknik sipil, Mbak Rey bekerja pada beberapa perusahaan yang sesuai dengan jurusannya. Dari perusahaan konsultan drainase, kontraktor jalan, hingga kontraktor real estate. Seneng dong, tidak tersesat jalan rupanya. Meskipun setelah berumah tangga dan memiliki anak, pekerjaan di ranah publik itu harus ditinggalkannya. 

Menjadi ibu dari dua anak, yang sulung 12 tahun dan bungsunya 5 tahun membuat Mbak Rey lebih fokus bekerja dari rumah. Menjalankan usaha dari rumah dengan berjualan apa saja, mulai dari produk fashion, frozen brownies buatan sendiri hingga MLM skincare dan kosmetik. Dan aha, akhirnya bermuara pada blogging for money. Ternyata benar kan ya, ngeblog bisa menghasilkan cuan, asal tahu syarat dan ketentuannya. 

Tentang menulis bagi Reyne Raea 


Mempunyai empat blog, dan masih bisa menulis di Kompasiana serta media lainnya kebayang nggak sih, idenya itu lho kok nggak habis-habis ya. Ya bisa sih, karena menulis dan bekerja merupakan hobi dari sekian banyak hobi Reyne Raea, selain membaca buku, menyanyi, nonton film, juga mengunjungi tempat-tempat baru. Menjadi blogger selain suka menulis juga harus punya alasan yang kuat jadi nggak angin-anginan sampai blognya nggak pernah update.

Motivasi menulis dan ngeblog bagi Rey adalah kebutuhan. Suka menulis sejak kecil, dan butuh menulis untuk self healing. Sumber ide itu banyak, seperti mata air yang tidak ada habisnya asal jeli memanfaatkannya. Sumber ide yang utama sih dari pengalaman hidup sehari-hari. Sementara tema tulisan lebih sering dari tema kehidupan Mbak Rey dan keluarga serta kejadian di sekitar. 

Suka menulis, menghasilkan duit dari tulisan, tak selalu berjalan mulus. Tantangan ada saja pastinya, yang pernah dihadapi ketika ada artikel yang mendesak untuk di publish sehingga Harus mengorbankan waktu istirahat untuk menulis. Sebenarnya waktu yang paling nyaman buat nulis bagi Reyne Raea adalah saat anak-anak tidak mengganggu, yaitu pagi ketika anak-anak sekolah atau malam setelah mereka tidur. 

Dengan kesungguhan menjalankan hobi menulis hingga menjadi blogger profesional, Mbak Rey mempunyai ribuan artikel di 4 blog pribadinya, bisa menghasilkan uang dari blog, sekali dua kali menang lomba blog, punya 2 buku antologi tentang blogging dan parenting. Yeii, keren. 

Dari hobi menulis jadi blogging for money


Menyukai bekerja dan menulis adalah perpaduan yang sangat pas untuk menjadi blogger profesional. Meski sudah lama suka menulis dan mempunyai blog, Mbak Rey serius menjadi blogger profesional sejak tahun 2018. Setidaknya ada empat blog yang dikelolanya
Blog : 
1. www.reyneraea.com
2. www.parentingbyrey.com
3. www.beautybyrey.com
4. blognyarey.com

Keempat blog yang sudah ber TLD (Top-Level Domain yang merupakan nama domain dari setiap website) ini punya niche masing-masing, ada yang berisi parenting, family, education, dan healthy. Ada blog gaya hidup, bisnis, management, marketing, dan keuangan. Ada juga blog tentang wanita, beauty, fashion, dan lifestyle. Lengkap banget niche blognya dan performa juga bagus. 

Menghasilkan cuan dari blog itu bisa banget kan, caranya ya dengan konsisten mengelola blog. Ibarat blog itu rumah, maka gimana rumah itu ditata agar orang tertarik berkunjung ke rumah kita dan betah serta berminat menjalin kerja sama. Selain tampilan yang bagus, juga hidangan yang disajikan terasa nikmat, maka pilihlah platform terbaik, buat konten bermanfaat dan menarik, terapkan SEO (Search Engine Optimization) yang merupakan teknik yang digunakan untuk optimasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari untuk menemukan halaman/webs kita. Jangan lupa, promosikan blog lewat media sosial atau komunitas. Performa blog yang bagus, akan menarik klien untuk bekerja sama serta mendapatkan fee. 

Kerja sama dengan klien atau vendor produk tertentu bisa berupa menulis artikel sponsorship, atau menerima endorsement produk/jasa atau menjual produk digital. Blogging for money juga bisa dilakukan dengan monetisasi (mendapat penghasilan dari situs blog personal) dengan iklan advertiser menggunakan google AdSense misalnya. Kompetensi atau lomba blog yang diselenggarakan oleh vendor juga bisa menjadi cara menghasilkan cuan dari blog. 

Selain mengelola empat personal blog, rupanya ide menulis Reyne Raea juga masih luber. Ide-ide dan opininya disalurkan dengan menulis artikel pada Kompasiana, Kumparan, Medium, dan lainnya. Produktif banget kan. 

Penutup


Menjaga tetap produktif dan konsisten, tidak bisa sendirian. Kadang ada juga rasa bosan dan jenuh. Untuk menjaga semangat menulis, Mbak Rey butuh komunitas yang mendukung. Selain kumpulan para blogger, Reyne Raea juga mendaftar menjadi member KLlP sejak Januari lalu. Motivasinya ikutan KLIP Agar selalu semangat melawan tantangan dan bisa menulis setiap hari. Karena di KLIP kita ditantang untuk konsisten menulis setiap hari.