KLD Shirei


Penulis  : Tami Asyifa
Editor    : Windy Effendy

Shireishou adalah salah satu penulis fiksi yang produktif menulis novel. Karyanya dipublikasikan baik dalam bentuk buku cetak maupun daring yang tayang di platform premium. Selain produktif menulis, Shireishou, yang juga suka menggambar, aktif sebagai mentor kepenulisan.

Tentang Shireishou


Shireishou, atau biasa dipanggil Shirei, lebih populer dibandingkan identitas asli perempuan yang kini tinggal di Depok. Tentu saja, Shireishou adalah nama pena yang sudah melekat pada karya-karyanya sejak lama. Shirei mengemukakan alasan bahwa nama aslinya, Bayu Kartika, terdengar seperti nama laki-laki. Banyak yang salah paham dengan nama aslinya sehingga ia menggunakan nama pena pada semua media sosialnya.

Menempuh pendidikan double degree––Matematika dan Teknik Informatika—tak lantas membuat Shirei menekuni bidang itu. Hari-harinya disibukkan dengan mengasuh 3 anak laki-lakinya: Trio Y, yang gegap gempita. Selain kesibukan utama sebagai istri dan ibu, Shirei menguatkan peran dalam dunia literasi dengan menulis novel dan aktif berkarya di beberapa platform.

Kegiatan seputar kepenulisan tak lekang dari keseharian Shirei. Selain menulis fiksi, ia juga membuka kelas kepenulisan dan mengajar secara daring, membagi tutorial menulis di media sosial dan blog, serta menjadi admin pada komunitas kepenulisan di platform Wattpad.

Shirei mengakui bahwa dunia kepenulisan adalah passion-nya. Passion ini diperkaya dengan hobinya membaca buku baik fiksi maupun nonfiksi. Shirei juga suka melukis dan membuat ilustrasi menggunakan aplikasi, meski hobi yang satu ini lebih sering tidak kebagian waktu. Dalam sehari, ia mengalokasikan waktunya sekitar satu jam untuk bermain game. Sekadar selingan setelah kegiatan tulis-menulisnya. Sesekali, ia masih berharap bisa cosplay menjadi tokoh-tokoh imajinasinya.

Shirei dan Kegiatan Menulisnya


Sebagai penulis fiksi, Shirei memantapkan diri membawa genre slice of life dan dark religi. Dark religi, semacam sisi gelap spiritualitas, tetapi bukan tentang itu. Shirei membuat sendiri istilah ini untuk menggambarkan karya-karyanya yang bergenre spiritual khususnya dalam rumah tangga, hubungan suami istri yang diliputi masalah dan kental dengan nuansa spiritual Islam. Salah satu karya Shirei bergenre dark religi adalah tulisannya yang berjudul Asam Garam Asa dan Gara, yang menceritakan tentang kisah seorang pembunuh bayaran yang ingin bertobat.
  
 
Karya Shirei


Shireizou sudah menulis lebih dari 20 novel. Bahkan, beberapa novelnya diterbitkan oleh penerbit mayor. Berikut adalah beberapa karya beberapa karya Shirei:
  1. Fake Love—Aku, Suamiku, dan Gunplanya, Elex Media
  2. Obsessive Loves, Gramedia Pustaka Utama
  3. Amore in Sardegna, Grass Media
  4. Magicamore Arancini, Bentang Belia
  5. Eyenomaly, Noura
  6. Deliverance—Dimensional Fugitive, Mekar Citra Lestari Publisher
  7. Wattpad Tips, Coconut Book
Sementara karya-karyanya pada salah satu platform antara lain Asam Garam Asa dan Gara, Fathiya, Putra yang tak Kupunya, Jangan ada Lara, dan masih banyak lagi.

Sebelumnya Shirei banyak menulis pada platform premium seperti Komunitas Bisa Menulis (KBM), Cabaca, dan Karya Karsa. Namun, saat ini sudah tidak lagi dan hanya aktif pada platform Joylada serta Wattpad. Dua platform terakhir ini menjadi platform favoritnya. Shirei lebih menyukai Wattpad karena interaksi antaranggota di dalamnya asyik banget. Sementara admin Joylada yang sering melakukan promosi tanpa pilih kasih membuatnya terpikat. Baik yang pemula maupun yang sudah terkenal mendapat kesempatan yang sama.

Shirei telah menghasilkan banyak karya dan mendedikasikan diri sebagai penggiat di kebun literasi. Ia senantiasa mengukir kata, membantu sesama penulis, terus belajar memperkaya dan memperbaiki diri, juga berjuang untuk istiqomah di jalan yang insyaallah diridai-Nya. Ia tidak mempunyai waktu khusus untuk menulis. Biasanya, Shirei manulis pagi hari setelah Subuh. Namun, semenjak para krucil heboh dalam kesehariannya, ia menulis kapan saja ketika ada waktu.

Inspirator dan Tips Konsisten Menulis


Shireishou menyukai kegiatan literasi karena sebelumnya telah menjadi penikmat dunia literasi. Karya-karya penulis besar telah ia nikmati sejak belia. Agatha Christie dan Enid Blyton adalah penulis inspiratornya. Bunda Ary Nilandari, penulis multigenre, multiformat dan multitarget pembaca, juga sangat dikaguminya. Ketiga penulis itu selalu bisa menciptakan pesan moral yang nendang banget pada setiap cerita yang mereka tulis. Shirei ingin bisa menulis seperti mereka. Seru, tidak menggurui, tetapi sarat pesan.

Pada kesempatan kali ini, Shirei juga membagikan tips konsisten menulis. Ia mempunyai dua hal yang selalu jadi pedoman dalam kegiatan literasinya.

Pertama, adanya niat yang kuat.
Segala sesuatu harus dilandasi dengan niat. Dorongan karena niat yang kuat itu bisa mengalahkan tantangan yang ada.

Kedua, target yang signifikan.
Target ini memudahkan Shirei untuk mengatur seberapa banyak yang harus ia selesai dalam satu hari, atau satu bulan. Misalnya saat mengerjakan proyek novelet untuk Gramedia Pustaka Utama dengan tenggat 2 minggu. Maka, setiap hari ia harus menulis sekitar 2000-3000 kata. Target minimal 2000-3000 kata tiap hari ini membuatnya memiliki waktu untuk revisi. Jika pada hari keempat baru menulis 5200 kata, hari kelima ia harus ngebut menyelesaikan 8000 kata ditambah 2800 kata dalam sehari. Waktunya bisa kapan saja, asalkan target hari itu terpenuhi.

Harapan Shireishou pada KLIP


Shireishou mengikuti KLIP sejak 2019 sekalipun on-off. Ia pernah menjadi narasumber pada program Ruang Berbagai KLIP tentang menulis fiksi dan menulis pada platform premium. Motivasi Shirei mengikuti KLIP agar bisa mengukur capaian menulisnya selama satu tahun. Harapannya, ia bisa menulis 1000 kata setiap hari selama satu tahun. Ternyata, ia harus menghadapi tantangan yang cukup berat di bulan April dan Mei ini. Target 1000 kata per harinya tidak terpenuhi karena ia harus mengejar setoran Ramadan dan proyek menulis yang lain. Proyek yang sebenarnya bisa digunakan untuk setoran di KLIP, sayangnya ia terlambat mengetahuinya.

Shireishou mendoakan agar lebih banyak lagi anggota KLIP yang lulus sampai akhir tahun. Selain ia mengharapkan agar teman-teman KLIP semakin produktif dan saling menyemangati di grup. Ia juga termotivasi untuk menghidupkan lagi blognya yang sudah sepi kayak kuburan dari teman-teman blogger di KLIP.

Terakhir, jejak Shireishou bisa diakses pada tautan berikut:
Website: http://shireishou.com
Instagram: @shireishou
FB Page dan Youtube: Shireishou-Tips Menulis Novel Gratis
Wattpad dll: Shireishou
Tikto : Shireishou.com