podcast KLIP
Podcast Klub Buku KLIP bisa didengarkan di spotify, google podcast dan berbagai platform lainnya

Halo semua, sudah tahu tentang Podcast Klub Buku KLIP belum? Buat yang belum tahu, di tulisan ini saya akan menceritakan bagaimana cerita dari awal hadirnya podcast KLIP ini dan bagaimana cara kamu mendengarkannya. Atau kalau berminat untuk ikut berpartisipasi menjadi pengisinya, semua akan dibahas di tulisan ini.

Salah satu kegiatan terbaru dari Klub Buku KLIP (KBK) di tahun 2021 ini adalah podcast KLIP.  Ide awal membuat podcast ini tercetus karena ada beberapa teman yang rajin membaca buku, tapi tidak selalu punya waktu untuk menuliskan reviewnya. Jadi, podcast KLIP ini menjadi alternatif bentuk mereview buku. 

Untuk kegiatan reading challenge, anggota KLIP diminta untuk mengumpulkan review dalam bentuk tulisan. Podcast KBK ini belum bisa dijadikan setoran tantangan membaca, tapi setidaknya diharapkan setelah merekam, anggota KLIP akan lebih mudah menuliskan reviewnya dari mendengarkan rekaman dirinya.

Berkat antusiasme dari teman-teman anggota KLIP 2021, Klub Buku KLIP meluncurkan podcast KLIP sebagai bagian dari kegiatan Klub Buku pada tanggal 17 Maret 2021. 

Sumber Episode Podcast KLIP

Beberapa episode pertama didapatkan dari anggota yang mengirimkan file rekaman audio. Saya sebagai penanggung jawab program KBK mengunggahnya ke anchor.fm yang digunakan untuk mendistribusikan podcast KLIP.

Karena tidak semua anggota bisa hadir saat Zoom, saya merekam sesi KBK. Lalu, saat mendengarkan kembali rekaman Zoom KBK di bulan Maret 2021, saya jadi terpikir untuk mengedit video rekaman Zoom menjadi episode podcast. Pengeditan ini tentu saja membuang bagian yang tidak terkait dengan buku.

Hasil rekaman Zoom KBK yang dilaksanakan sekitar 2 jam lebih, bisa diubah menjadi 8 episode podcast yang masing-masing antara 10 - 20 menit. Kalau tidak dipecah menjadi episode yang lebih pendek, kegiatan Zoom KBK hanya akan berlalu begitu saja pada saat itu saja.

Saya yakin, daripada mendengarkan 8 buku dalam 2 jam lebih, kebanyakan anggota KLIP lebih suka mendengarkan potongan rekaman yang sudah dibagi berdasarkan judul buku yang dibahas. Dengan cara ini, buku-buku yang dibagikan dalam kegiatan Zoom KBK jadi bisa didengarkan juga oleh siapa saja yang ingin mencari tahu tentang buku yang dibahas.

Sampai sekarang, podcast KLIP menambah jumlah episodenya dari kiriman rekaman audio anggota dan juga dari hasil rekaman Zoom KBK. Kalaupun tidak ada yang mengirimkan rekaman audio, dengan adanya kegiatan Zoom KBK, podcast KLIP akan selalu bertambah episodenya.

Jadi saat ini, setiap episode dari podcast KLIP berisi tentang review buku maupun obrolan tentang buku-buku yang dibagikan saat Zoom KBK. 

Siapa yang bisa mengisi Podcast KLIP?

Karena kegiatan KBK terbuka untuk semua anggota grup Facebook KLIP, pada dasaranya podcast KLIP menerima rekaman review buku dari anggota FBG KLIP. Jadi, kalau kamu termasuk salah seorang yang ingin ikut mengisi podcast KLIP, jangan ragu-ragu mengirimkan rekaman audio review buku dan kirimkan ke pengurus KLIP (admin di FBG).

Atau, kalau kamu merasa tidak terbiasa monolog alias ngomongin sebuah buku sendirian, kamu bisa hadir membagikan buku di kegiatan Zoom KBK yang biasanya diadakan di akhir bulan.

Ikutan yuk mengisi podcast KLIP

Di masa pandemi ini, salah satu kegiatan yang paling mudah untuk dilakukan selama di rumah saja ya membaca buku. Tapi, kadang-kadang kita bingung mau membaca buku mana dulu, karena ada banyak sekali buku yang tersedia secara gratis di iPusnas. Nah, supaya tidak bingung, coba dengarkan dulu buku-buku yang sudah dibahas di podcast KLIP.

Atau kamu justru suka membaca buku dan ingin mencari teman ngobrolin isi buku yang kamu baca? Yuk ikutan gabung di KLIP. 

Caranya bagaimana? 

Tentunya pertama menjadi anggota Facebook Group Kelas Literasi Ibu Profesional  terlebih dahulu.

Jawab semua pertanyaanya untuk bisa gabung di FGB KLIP, langsung bisa deh ikuti berbagai kegiatan KLIP yang diumumkan di FBG, termasuk kegiatan Zoom KBK.  

Kalau tidak punya waktu ikutan Zoom, tapi suka mereview buku dan ingin mengisi podcast KLIP, silakan merekam reviewnya (bisa menggunakan aplikasi recorder yang ada di ponsel). Rekamannya jangan terlalu panjang ya, maksimum 20 menit. Lalu kirimkan file rekamannya ke pengurus KLIP. Sertakan deskripsi singkat tentang buku yang dibahas juga.

Oke deh, Kami tunggu ya partisipasinya mengisi podcast KLIP. 

Kalau belum bisa mengisi, jangan lupa dengarkan saja rekaman podcast KLIP yang sudah ada dan akan bertambah episodenya setiap bulan.