Tips Memilih Warna dan Furnitur untuk Rumah

 

Hai KLIP’ers!

Tanggal 20 November 2021, KLIP mengadakan Ruang Berbagi dengan judul Tips Memilih Warna dan Furnitur untuk rumah. Acara ini diisi oleh Kak Rijo Tobing sebagai narasumber dan juga Kak Dwi Tobing sebagai pewarta. Acara ini diselenggarakan selama kurang lebih dua jam dan berlangsung secara interaktif.


Dalam kegiatan ini, Kak Rijo tobing membagikan ceritanya tentang alasan beliau terjun ke bisnis desain interior, pengalaman selama menangani klien, dan pertanyaan seputar memilih warna dan furnitur untuk rumah.
Seperti apa keseruannya? Yuk, kita simak sama-sama!



Terinspirasi dari Bapak

Sebagian besar KLIPers tentunya sudah kenal dengan Kak Rijo Tobing. Ibu dari tiga anak yang juga anggota aktif KLIP dikenal sebagai penulis fiksi yang handal. Terbukti tahun ini Kak Rijo berhasil me-launching buku kumpulan cerpen berjudul “The Cringe Stories” (baca ulasannya di sini). Bukan Cuma itu, Kak Rijo juga salah satu Honorary Reporter dari Korea.net. Beliau sering membuat tulisan tentang budaya Korea, salah satunya berjudul Perbandingan Pembelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Korea.


Kesibukan Kak Rijo ternyata tidak hanya berkutat di bidang tulis-menulis. Kak Rijo juga memiliki bisnis Design Interior, khususnya di bidang furnitur berbahan kayu. Bisnis ini terinspirasi dari ayahnya Kak Rijo yang seorang pengacara, tapi memiliki hobi unik, yaitu membuat barang-barang dari kayu atau mengerjakan hal-hal yang berkaitan dengan pertukangan.

Tips Memilih Warna dan Furnitur untuk Rumah

 

Saat Kak Rijo kecil, beliau sering melihat bapaknya membuat furnitur dari kayu di sela-sela kesibukannya sebagai pengacara. Pengalaman masa kecil ini rupanya tertanam dalam diri Kak Rijo dan muncul kembali saat dewasa. Kak Rijo senang mengubah atau memperbaiki sesuatu dan sering dijadikan tempat konsultasi oleh kerabatnya tentang warna dan furnitur rumah. Hal tersebut membuat Kak Rijo serius mengubah hobinya ini menjadi bisnis sejak 2016 hingga sekarang.


Pengalaman sebagai Designer Interior: 80 persen Konseling, Dua puluh persen Teknik

Dalam acara ini, Kak Rijo membagikan beberapa pengalamannya saat menangani klien. Menurut Kak Rijo, inti dari memilih warna dan furnitur adalah ‘Know They Self’. Kebutuhan antara satu klien dengan klien lainnya akan sangat berbeda, tergantung dari banyak hal. Untuk itu, Kak Rijo seringkali melakukan ‘konseling’ kepada kliennya sebelum mengubah ruangan dengan mengajukan pertanyaan seputar berikut ini:

Apakah rajin bersih-bersih?
Punya sedikit barang?
Berantakan?
Rajin konmari?
Rapi?
Suka menimbun barang?
Bersih-bersih sekenanya?


Dari jawaban-jawaban klien tentang ini, Kak Rijo akan memikirkan bagaimana layout terbaik untuk diterapkan. Misalnya ada seorang klien yang ingin memanfaatkan area terbengkalai di bawah tangga karena selama ini area tersebut hanya dijadikan tempat penimbunan barang dan akhirnya terlihat kurang rapi. Dengan data yang sudah didapat, akhirnya Kak Rijo berhasil ‘menyulap’ area terbengkalai itu menjadi rentetan lemari yang terlihat cantik seperti di bawah ini :

Pertanyaan Seputar Tips Memilih Warna dan Furnitur Untuk Rumah

Ketika kegiatan berlangsung, ada pertanyaan yang diajukan oleh para penonton, diantaranya :

Apakah memungkinkan untuk dekor ulang rumah tanpa beli barang baru atau mencat rumah?
Mungkin saja, namun hanya sebatas mengubah layout. Misalnya memindahkan letak sofa, letak lemari, dan sebagainya. Di rumah ada buffet besar, rencana akan dijadikan pembatas ruangan, untuk mempercantik bagian belakang buffet apakah diberi wallpaper atau diplitur atau dicat?

Bagian belakang buffet ini nanti memunggungi ruangan lain (buffet : lemari besar yang diisi pajangan). Sebaiknya belakang buffetnya di beri warna senada dengan dinding yang ada di sekitarnya.


Bagaimana tips untuk ibu yang punya banyak anak dan anaknya suka melepas wallpaper di rumah?

Sebaiknya gunakan wall stiker karena daya rekatnya lebih kuat dibanding wallpaper. Jadi lebih sulit dilepas anak.


Penutup

Itu dia beberapa pembahasan dan pertanyaan yang dibahas di acara Ruang Berbagi edisi November. Untuk tahu penjelasan dan pertanyaan lengkap mengenai tema ini, silakan kunjungi youtube KLIP, ya.

Selamat menyambut tahun baru dengan tampilan warna dan furnitur yang baru.