KLIP 2021
Kegiatan KLIP 2021

Kegiatan utama  dari Kelas Literasi Ibu Profesional (KLIP) adalah kelas untuk berlatih konsisten menulis selama satu tahun. Setahun itu waktu yang tidak singkat. Dengan berbagai kesibukan sebagai ibu tidak semua orang bisa bertahan selama setahun. 

Apalagi, di KLIP 2021, ada target peningkatan jumlah kata dari 300 ke 450 di sesi ke-2, lalu jadi 500 kata di sesi ke-3. Untuk membuat teman-teman yang sudah tidak bisa setoran lagi, KLIP memberikan juga beberapa kegiatan rutin yang bisa diikuti oleh semua anggota yang tergabung di Facebook Grup KLIP.

Oh ya, buat yang mungkin belum tahu, pendaftaran menjadi anggota KLIP itu ada 2 syarat:

  1. Mendaftar sebagai anggota Facebook Grup KLIP, hal ini bisa dilakukan sepanjang tahun
  2. Mengisi form pendaftaran.untuk ikut setoran tulisan yang dibuka hanya di awal tahun.

Banyak yang mungkin mendengar tentang KLIP di pertengahan tahun, atau bahkan menjelang akhir tahun seperti sekarang. Nah, daripada terlewat, mungkin bisa daftar ke FBGrup KLIP dari sekarang. Terus, apa kegiatan yang bisa diikuti kalau tidak bisa setoran tulisan dan ingin latihan konsisten?

Untuk mendukung teman-teman KLIP yang ingin mulai berlatih konsisten, berikut ini beberapa kegiatan yang diadakan. Ada yang dilakukan sekali seminggu, ada juga yang hanya dilakukan sekali sebulan.

Tema Tantangan Menulis (TTM) Setiap Hari Senin

Sejak tahun 2021, KLIP mengenalkan kegiatan Tema Tantangan Menulis atau disingkat (TTM). Tujuan dari kegiatan ini tentu saja memberikan tema tulisan untuk setiap anggota yang sedang kekurangan ide untuk menulis. 

Dengan adanya TTM ini, yang masih bisa ikut konsisten menulis tidak ada alasan tidak punya ide menulis. Untuk yang sudah tidak bisa setoran atau yang baru masuk ditengah tahun, bisa juga ikut kegiatan ini untuk berlatih menulis seminggu sekali.

Contoh TTM yang sedang berlangsung
Tema Tantangan Menulis Awal Oktober 2021

Tema tantangan diberikan di FB Grup, peserta bisa ikut dengan menuliskan alamat tulisan mereka di pengumuman tema tersebut. Durasi untuk setiap tema tulisan diberikan satu minggu. Lalu, setiap hari Kamis minggu berikutnya, ketua kelas KLIP akan memilih satu dari beberapa tulisan yang masuk menjadi tulisan terpilih. 

Sejak bulan lalu, tulisan terpilih dan yang masuk diumumkan juga melalui website KLIP ini. Jadi, kalau peserta ingin tulisannya semakin banyak yang membaca, pastikan ikut menulis di kegiatan TTM ini ya.

Klub Buku KLIP (KBK)

Kegiatan Klub Buku KLIP (KBK) ini sebenarnya sudah pernah saya tuliskan sebelumnya. Tapi akan saya ulangi sedikit di sini. Semua kegiatan ini terbuka untuk anggota yang terdaftar di FB Grup KLIP.

Kutipan yang biasanya dibagikan di hari Rabu

Setiap hari Rabu, akan ada posting di FB Grup yang membagikan kutipan penyemangat mengajak membaca buku dan membagikan buku yang sedang dibaca. Akan tetapi, selain di hari Rabu, peserta bisa saja menuliskan review buku dan menyetorkannya pada Tantangan Membaca Buku. Setiap sesi, akan ada sertifikat dibagikan untuk yang mengikuti tantangan membaca buku ini.

Satu hal yang juga menjadi program bulanan dari KBK adalah Zoom KBK. Kegiatannya santai dan menjadi kesempatan untuk saling mengenal anggota. Hasil dari obrolan buku via zoom ini dijadikan sumber untuk podcast Klub Buku KLIP.  Selain dari Zoom KBK, peserta juga bisa mengirimkan rekaman audio review buku untuk dimasukkan ke podcast Klub Buku KLIP.

Untuk dapat menulis, kita juga perlu membaca banyak buku. Menuliskan review buku juga merupakan salah satu hal yang melatih kita memaparkan pendapat dengan lebih terstruktur. Tidak ada alasan tidak ada ide menulis, kalau kita membaca banyak buku.

Kenal Lebih Dekat (KLD)

Kegiatan Kenal Lebih Dekat (KLD) ini diadakan setiap hari Jumat di FB Grup KLIP.  Bukan hanya pengurus, tapi juga anggota akan diperkenalkan bergantian. Biasanya sih pastinya dipilih yang ada prestasinya, baik itu prestasi keaktifan mengikuti kegiatan KLIP, ataupun prestasi yang terdeteksi oleh pengurus. 

Namanya komunitas dalam jaringan, tidak mudah mengenal satu sama lain kalau orang tersebut tidak terlihat aktif. Jadi, kalau kamu sudah lama ikut dan merasa heran kenapa belum diperkenalkan, ada kemungkinan kamu tidak terdeteksi aktif mengikuti kegiatan yang ada di FB Grup.

KLD KLIP
Contoh KLD Pengurus KLIP

Salah satu kegiatan KLD ini juga tentunya menemukan mbak Satwika, peserta yang tadinya malu-malu, padahal ternyata bisa jadi tempat bertanya berbagai keahlian literasi yang berpengalaman menjadi editor dan ghostwriter

Satwika
Kenal Lebih Dekat Mbak Satwika

Ruang Berbagi (RB)

Anggota yang tergabung di KLIP ini punya banyak keahlian lain selain menulis. Dari dunia menulispun masing-masing punya motivasi dan tujuannya sendiri. Ada yang suka menulis fiksi, ada yang blogger, ada juga yang ingin menulis banyak buku ajar. 

Dari semua latar belakang ini, banyak juga yang suka berbagi ilmu dan keahliannya. Untuk itulah, diadakan kegiatan Ruang Berbagi ini. Kegiatan RB ini juga baru mulai diadakan di tahun 2021.

RB September 2021
Ruang Berbagi September 2021

Ruang Berbagi ini dilakukan sedikitnya sekali sebulan, dari dan untuk anggota, ketua kelas KLIP hanya membantu mengorganisir kegiatannya. Kegiatan ini selain untuk menambah pengetahuan, juga bisa menjadi kesempatan berlatih menuliskan laporan kegiatan. Biasanya sih ada saja yang menuliskan di blog atau media sosial masing-masing tentang kegiatan ini.

Tentunya, akan ada cerita kegiatan Ruang Berbagi ini di website KLIP ini. Kalau ingin tahu ada apa saja yag sudah dibagikan dan ingin ikut berbagi kemudian, bisa dibaca-baca dulu ya.

Biasanya, Ruang Berbagi ini dilakukan melalui WhatsApp Grup, kelas Zoom, atau live di Youtube KLIP.  Yang jelas, kalau kelasnya ada rekamannya, bisa dilihat di Youtube Channel KLIP.

Penutup

Kegiatan Kelas Literasi Ibu Profesional ini akan selalu berkembang. Setiap tahunnya mungkin saja ada perbaikan di sana sini. Kalau dibandingkan di tahun sebelumnya, di tahun 2021 ini, ada banyak kegiatan baru bertambah. Semua kegiatan yang ada tentunya untuk mendukung kegiatan utama: konsisten menulis.

Kalau kamu ingin berlatih konsisten menulis mulai sekarang, dan ingin mengikuti kegiatan-kegiatan  yang saya sebutkan di atas, yuk bergabung dengan kami. 

Sesuai dengan moto KLIP: Practices Make Progress, mari berlatih konsisten setiap hari untuk mendapatkan peningkatan kualitas menulis.